Seperti kita ketahui, Unilever adalah perusahaan multinasional
yang memproduksi barang-barang konsumen
untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi, kesehatan dan perawatan pribadi
sehari-hari dengan produk-produk yang membuat para
pemakainya merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan.
TUJUAN PEMASARAN
Menjadi yang pertama dan terbaik di kelasnya
dalam memenuhi kebutuhan dan aspirasi konsumen
Menjadi rekan yang utama bagi pelanggan,
konsumen dan komunitas.
Menghilangkan kegiatan yang tak bernilai
tambah dari segala proses.
Menjadi perusahaan terpilih bagi orang-orang
dengan kinerja yang tinggi.
Bertujuan meningkatkan target pertumbuhan
yang menguntungkan dan memberikan imbalan di atas rata-rata
karyawan dan pemegang saham.
Mendapatkan kehormatan karena integritas
tinggi, peduli kepada masyarakat danlingkungan hidup.
Di dalam menghadapi persaingan antar perusahan, PT. UNILEVER,tbk memiliki strategi-strategi
dalam menghadapi persaingan-persaingan antar perusahaan, strategi itu
antara lain:
· KEPEMIMPINAN
HARGA RENDAH
Dengan menjaga harga yang rendah dan rak-rak diisi
dengan baik menggunakan sistimpengisian kembali persediaan yang melegenda,
wal-mart menjadi pemimpin bisnis eceran diamerika serikat. Sistem mili
wal-mart mengirimkan pesanan atas barang dagang baru secara langsung kepada
pemasok ketika pelanggan membayar pembelian mereka pada kasir. terminal
titik pejualan mencatat kode barang setiap barang yang melewati kasir dan
mengirimkantransaksi pembelian langsung
kepada komputer pusat wal-mart. Komputer mengumpulkan pesanan dari
semua toko wai-mart dan mengirimkannya ke pemasok. Pemasok juga
dapat mengakses daa penjualan dan
persediaan wal-mart menggunakan teknologi web. Sistem ini mampu
membuat wal-mart mempertahankan biaya rendah sembari menyesuaikan
persediaannya untuk memenuhi permintaan pelanggan.
· DIFERENSIASI PRODUK
Produk Unilever terus memperkenalkan kemasan-kemasan yang terbaru,
tetapi Unilever tetapmempertahankan kualitas produknya. Baik itu kemasan yang
botol kaca, sachet, botol kecildan masih banyak lagi kemasannya.
· BERFOKUS
PADA PELUANG PASAR
Produk Unilever menggunakan sistem informasi pelanggan yang beda
dengan yang lain,produk masuk kedalam pasar
dengan cara mempromosikan barang-barangnya dengan caraterjun langsung ke
masyarakat dengan bukti-bukti kualitas secara real, misalnya dengan diadakannya
perlombaan-perlombaan kepada masyarakat perbandingan
antara produk Unilever dengan
produk-produk pesaing lainnya.
· MENGUATKAN
KEAKRABAN PELANGGAN DAN PEMASOK
Menggunakan sistem informasi untuk memfasilitasi akses langsung
dari pemasok terhadapjadwal produksi.dan bahkan mengizinkan pemasok untuk
memutuskan bagaimana dan kapanmengirim pasokan kepada pemasok. Selain itu
Unilever juga melakukan Tanya jawab kepadapara konsumen dan membuat
suara konsumen tempat para konsumen mengeluh.
PROMOSI PRODUK-PRODUK UNILEVER
· Periklanan
semua
bentuk penyajian nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa yang dibayar
oleh suatu sponsor tertentu.
· Promosi
Penjualan
Berbagai insentif jangka pendek untuk
mendorong keinginan mencoba atau membeli suatu produk atau jasa.
· Hubungan
Masyarakat dan Publisitas
berbagai program untuk mempromosikan dan
atau melindungi citra perusahaan
atau produk individualnya.
· Penjualan
Secara Pribadi
interaksi langsung dengan satu calon pembeli
atau lebih untuk melakukan presentasi, menjawab pertanyaan, dan menerima pesan
· Pemasaran
Langsung
penggunaan surat, telepon, faksimili, e-mail,
dan alat penghubung non personal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan
atau mendapatkantanggapan langsung dari pelanggan tertentu dan calon
pelanggan. Akan tetapi
dengan bertambahnya zaman, persaingan pasar semakin ketat,
berkembangnyaberbagai jenis media baru dan semakin canggihnya konsumen
maka Strategi Promosidirumuskan menjadi:
Advertising
Consumer
Sales Promotion
Trade Promotion and Co-Marketing
Packaging. Point Of Purchase
Personal Selling
Public relations
Brand Publicity
Corporate
Advertising
The
Internet
1 Direct Marketing
1 Experiantial contact: Event, sponsorship
Customer Service
Word Of Mouth
Consumer ± market sales promotion techniques :
· Kupon
Sertifikat
yang memberi hak kepada pemegangnya untuk mendapat penguranganharga seperti
yang tercetak untuk pembelian produk tertentu.
· Price-Off
Deals
Memberikan
potongan harga langsung ditempat pembelian.
· Premium
and Advertising Specialties
Barang
yang ditawarkan dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai
insentif untuk membeli produk tertentu.
· Contest and Sweeptakes
Hadiah
adalah tawaran kesempatan untuk memenangkan uangtunai, perjalanan, atau
barang-barang karena membeli sesuatu.
· Sampling
and Trial Offers
Penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa
(pemberiancontoh produk).
· Brand
Placement
Salah
satu teknik dari sales promotion untuk mencapai pasar denganmemasukkan produk
pada sebuah acara televisi atau film.
· Rebates
memberikan
pengurangan harga setelah pembelian terjadi dan bukan pada tokopengecer.
· Frequency
Program ini merupakan salah satu teknik yang
mengarah kepada program-program yang berkelanjutan seperti menawarkan konsumen
diskon atau hadiah langsunggratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam
pembelian atau langganan dari merkatau perusahaan yang sama.
· Event
Sponsorship
Ketika perusahaan mensponsori suatu acara,
membuat merek sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat
kredibilitas merek meningkat bersamaan dengan para penonton di acara.
Pendekatan penjualan dan promosi penjualan akan efektif dan
efisien apabila dirancang dengan menerapkan pola regionalisasi atau diterapkan
di daerah-daerah atau kawasan tertentu. Unilever sudah menerapkan pola
regionalisasi karena Unilever telah memiliki pabrik-pabrik atau juga
cabang perusahaan di tiap-tiap negara. Hal ini dilakukan agar setiap negara dapat membeli produk yang sesuai dengan
keinginan dan kebiasaan mengkonsumsi produk yang sangat erat
hubungannya dengan cita rasa negaranya.Unilever telah membuka cabang
perusahaan di Indonesia. Untuk lebih dikenal oleh masyarakat indonesia dan bisa
mendapat hati masyarakat Indonesia maka Unilever membuat produk yang
sesuai dengan cita rasa Indonesia seperi kecap Bango.
Kecap merupakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai. Bisa dibilang
kecap merupakan makanan yangkhas dari
Indonesia.Untuk itu Unilever membuat produk kecap bango untuk di konsumsi
masyarakat Indonesia.Walau kecap bango bukan produk asli buatan unilever
namun nama Unilever lebih terkenal karena kecap bango sekarang
ini merupakan produk yang dikembangkan oleh Unilever. Terlebih
iklan yang ditampilkan di media tentang produk kecap bango sangat
mencerminkannegara Indonesia. Dengan
model-model yang berasal dari Indonesia, ini akan lebih membangun image
Unilever dimata konsumen di Indonesia. Konsumen akan mempunyai
keinginan untuk membeli produk kecap bango karena terkesan melihat iklan yang
ditampilkan tersebut. Walaupun konsumen hanya coba-coba membeli merek
tersebut namun setidaknya produk tersebut sangat dikenal oleh masyarakat.
Oleh karena itu, kualitas sangat penting dalam pembuatan produk.
Karena walaupun promosi yang dilakukan perusahaan sangat baik namun jika
kualitas yang ditawarkan tidak diperhatikan
maka promosi yang dilakukan bisa dibilang sia-sia saja.
Macam-macam produk unilever antara lain seperti sabun lux, lifebuoy, deterjrn rinso, pasta gigi pepsodent, dari produk masakan seperti royco, dan lain-lain.
KESIMPULAN
Perusahaan Unilever merupakan perusahaan yang sukses dibidang kelengkapan kebutuhan sehari-hari. Hal ini ditunjang dengan pemasaran PT. Unilever Indonesia, TBK yang sangat bagus, efektif, dan efisien. Hal-hal yang perlu diperhatikan dari pemasaran perusahaan ini adalah tujuan pemasaran, kepemimpinan harga rendah, diferensiasi produk, berfokus pada peluang pasar, menguatkan keakraban pelanggan dan pemasok dan promosi produk-produk unilever.
0 komentar:
Posting Komentar