Profil
PT. Unilever Indonesia Tbk
PT Unilever Indonesia Tbk (perusahaan) didirikan
pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V. Lever dengan akta No. 33 yang
dibuat oleh Tn.A.H. van Ophuijsen, notaris di Batavia. Akta ini disetujui oleh
Gubernur Jenderal van Negerlandsch-Indie dengan surat No. 14 pada tanggal 16
Desember 1933, terdaftar di Raad van Justitie di Batavia dengan No. 302 pada
tanggal 22 Desember 1933 dan diumumkan dalam Javasche Courant pada tanggal 9
Januari 1934 Tambahan No. 3.
Dengan akta No. 171 yang dibuat oleh notaris Ny.
Kartini Mulyadi tertanggal 22 Juli 1980, nama perusahaan diubah menjadi PT
Unilever Indonesia. Dengan akta no. 92 yang dibuat oleh notaris Tn. Mudofir
Hadi, S.H. tertanggal 30 Juni 1997, nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever
Indonesia Tbk. Akta ini disetujui oleh Menteri Kehakiman dengan keputusan
No. C2-1.049HT.01.04TH.98 tertanggal 23 Februari 1998 dan diumumkan di Berita
Negara No. 2620 tanggal 15 Mei 1998 Tambahan No. 39.
Perusahaan bergerak dalam bidang produksi sabun,
deterjen, margarin, minyak sayur dan makanan yang terbuat dari susu, es krim,
makanan dan minuman dari teh dan produk-produk kosmetik.
Sebagaimana disetujui dalam Rapat Umum Tahunan
Perusahaan pada tanggal 13 Juni, 2000, yang dituangkan dalam akta notaris No.
82 yang dibuat oleh notaris Singgih Susilo, S.H. tertanggal 14 Juni 2000,
perusahaan juga bertindak sebagai distributor utama dan memberi jasa-jasa
penelitian pemasaran. Akta ini disetujui oleh Menteri Hukum dan
Perundang-undangan (dahulu Menteri Kehakiman) Republik Indonesia dengan
keputusan No. C-18482HT.01.04-TH.2000. Perusahaan memulai operasi komersialnya
pada 5 Desember 1933 dengan kepemilikan modal asing.
Hasil
Analisa Laporan Keuangan PT. Unilever Indonesia Tbk tahun 2016 (dalam jutaan
rupiah) :
1.
Total Sales : 40.053.732
2.
Assets : 16.745.695
3.
Earning Power : = 8.571.885 / 148.035 = 57,90444 = 5790%
4.
ROR : = 6.390.672 / 76.300 = 83,757
= 8375%
Analisa
Estimasi di masa depan :
Dari tahun ke tahun, PT. Unilever
Indonesia Tbk selalu mampu untuk meningkatkan kinerjanya. Hal ini tercermin
dari penjualan bersih dan total aset yang terus-menerus mengalami kenaikan. Pada
tahun 2015, penjualan bersih PT. Unilever Indonesia Tbk sebesar 36,484,030
(dalam jutaan rupiah), lalu pada tahun 2016 mengalami kenaikan menjadi sebesar 40,053,732 (dalam jutaan rupiah). Untuk total aset
juga mengalami peningkatan, pada tahun 2015 sebesar 15,729,945
(dalam jutaan rupiah) kemudian mengalami peningkatan pada tahun 2016 menjadi
sebesar 16,745,695 (dalam jutaan rupiah). Berdasarkan analisa earning power, perusahaan mampu memiliki earning power sebesar 5790%. Untuk tingkat pengembalian saham kepada investor, perusahaan mampu memberikan ROR sebesar 8375%. PT. Unilever Indonesia Tbk adalah perusahaan
yang bagus dan patut untuk diperhitungkan oleh para investor untuk menanamkan
modalnya, karena mampu untuk meningkatkan laba dari tahun ke tahun secara
signifikan.




0 komentar:
Posting Komentar